Latihan Yoga dan Pilates untuk Kekuatan Inti (Core Strength)

Latihan yoga dan pilates sejauh ini dianggap sebagai olahraga yang baik untuk membangun kekuatan inti (core strength) yang berpusat di bagian tengah tubuh. Selain sudah jelas bisa memberi anda otot perut yang terpahat bagus, kedua latihan ini bisa memberi efek positif jangka panjang seperti mencegah sakit punggung, kelainan tulang belakang seperti skoliosis serta memperbaiki keseimbangan tubuh. Anda pun bisa semakin memperkuat otot perut; semuanya manfaat ini hanya dengan beberapa gerakan sederhana yang bisa dilakukan setiap hari.

 

Berikut dua macam latihan yoga dan pilates yang bisa anda lakukan setiap hari secara rutin.

 

1. The Hundred

the hundreds pilatesUntuk melakukan posisi ini, berbaringlah pada matras atau lantai datar dan tarik napas panjang. Saat anda menghembuskan napas lewat mulut, angkat kepala dan bahu anda dari lantai dengan kedua lengan dalam posisi sejajar tubuh dengan telapak menghadap ke bawah; ini otomatis akan membuat perut anda mengencang.

Angkat kedua kaki dalam posisi lurus sehingga anda bisa melihat jari-jari kaki anda. Kemudian, sambil menarik dan menghembuskan napas, secara bergantian angkat kedua lengan ke atas dan bawah sambil menjaga mereka tetap lurus, sambil menekuk dan meluruskan kaki secara bersamaan. Lakukan sampai 100 kali, lalu kembali ke posisi semula sambil menghembuskan napas

 

2. Plank Position

Ini adalah posisi yang mirip dengan push up tetapi tidak menurunkan badan, dan umum dilakukan dalam yoga dan pilates. Untuk memulainya, turunkan tubuh ke lantai dan lakukan pose seperti saat anda mengangkat tubuh ketika push up.

Tangan menapak tegak lurus dengan bahu, punggung membentuk garis lurus, perut dikencangkan. Regangkan kedua kaki sehingga anda merasak paha dan betis anda ikut teregang. Tahan dalam posisi ini selama anda bisa. Mungkin awalnya anda hanya bisa bertahan selama 10 detik, tetapi usahakan terus berusaha hingga akhirnya anda bisa bertahan 1 menit.

Latihan yoga dan pilates semuanya menuntut anda melatih inti tubuh agar bisa melakukan pose dengan baik. Anda juga bisa meluangkan waktu untuk melakukan sit up sederhana setiap hari.

Untuk melatih perut di sela-sela beraktifitas, coba tekan perut anda ke dalam sesering mungkin; lakukan saat, misalnya, menunggu lampu merah menjadi hijau, mengantri untuk membeli makanan, atau ketika menunggu iklan di TV selesai.