Latihan Otot Perut dengan Senam Yoga

Memiliki perut yang rata, kokoh dan tidak tertimbun lemak tentunya menjadi harapan bagi setiap orang. Apalagi pria yang sudah berumur cenderung memiliki perut buncit. Untuk itu, dibutuhkan latihan otot perut agar lemak yang ada di dalamnya bisa terbakar serta penampilan bisa lebih prima lagi.

 

Apa saja langkah-langkah latihan otot perut? Pertama tentunya adalah pemanasan. Lakukan lotus pose untuk merelaksasi pikiran dan mempersiapkan tubuh terhadap latihan yang ekstensif. Tujuan melakukan pose ini untuk memperkuat sekaligus menstimulasi otot di sekitar lengan dan lutut sementara fikiran difokuskan pada alur nafas. Ritme pernafasan tersebut nantinya akan mempengaruhi irama gerakan pada gerakan-gerakan berikutnya. Adapun untuk durasi lotus pose ini bergantung pada masing-masing orang, jika telah merasa nyaman dan tenang bisa melanjutkan pada tahap berikutnya.

 

boat poseLakukan upward facing dog pose setelah melakukan pemanasan. Meski ini termasuk bagian dari latihan otot perut, namun gerakan ini juga bisa memperkuat bagian-bagian tubuh yang lain seperti kaki, pantat serta lengan. Dengan merenggangkan tulang belakang dan punggung bawah, maka bisa membantu bagian belakang dari tubuh Anda (khususnya tulang) pada posisi natural. Pose ini juga mempersiapkan tubuh dalam menghadapi latihan yang lebih berat yang membutuhkan fleksibilitas lebih tinggi, yaitu full boat pose. Pada tahap ini, bagi sebagian orang mengalami kesulitan untuk melakukannya. Namun bila mencobanya secara teratur gerakan ini cukup mudah. Bila melakukannya dengan sempurna bisa membantu perenggangan tulang belakang dan kaki serta memperkuat otot perut. Bernafaslah dari hidung (bukan mulut) dengan cepat.

latihan otot perut dengan yoga
revolved triangle pose

 

triangle poseTahapan selanjutnya dari latihan otot perut adalah melakukan revolved triangle pose. Ini adalah tahapan relaksasi sekaligus juga membantu proses pencernaan dalam tubuh. Caranya adalah dengan memutar setengah badan sambil tangan menyentuh lantai. Setelah itu barulah melakukan revolved half moon pose yang gerakannya hampir sama dengan triangle pose. Bedanya kaki kiri diangkat. Gerakan ini membantu meningkatkan detak jantung serta fleksibilitas punggung bawah dan kaki. Lakukan pendinginan dengan four limbed staff pose, bow pose serta warrior ill pose.

 

Selamat berlatih!