Haruskah Menjadi Vegetarian jika Saya Latihan Yoga?

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Kepopuleran latihan yoga dan pola makan vegetarian, terutama di kalangan selebritas, nampaknya semakin meluaskan perdebatan soal boleh tidaknya mengonsumsi daging jika anda serius beryoga. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan di kalangan pelaku yoga jaman sekarang, yang kebanyakan memulai yoga setelah melihatnya menjadi tren, tidak seperti para yogi India. Jika anda suka makan hamburger, misalnya, apa itu berarti anda bukan pelaku yoga sejati? Apakah anda harus menjadi vegetarian jika ingin melakukan yoga dengan serius?

 

saladPada dasarnya, para yogi memang menghindari makan daging karena dua alasan:

 

  1. Prinsip karma. Menurut Kitab Weda, makan daging bisa mendatangkan karma buruk. Hal itu karena memakan daging dianggap bisa membuat tubuh menyerap energi negatif dari hewan-hewan yang dimakan itu; emosi negatif seperti kemarahan, dendam, ketakutan dan kesedihan kemudian menghambat perkembangan spiritual seorang yogi yang makan daging sehingga latihan yoga, meditasi dan pose-pose yang dilakukannya menjadi tidak bermanfaat.
  2. Ahimsa, atau prinsip tidak menyakiti. Ini dianggap sebagai salah satu prinsip utama dalam yoga, sehingga siapapun yang menjalankan prinsip ini berarti tidak bisa membenarkan membunuh hewan untuk dijadikan makanan.

 

Kedua prinsip ini dijalankan secara turun-temurun, tetapi apakah juga bisa berlaku untuk anda?

 

Intinya, menjadi pelaku yoga sejati sebenarnya bukan melulu berpusat pada pola makan. Menjalankan prinsip yoga sejati berarti memiliki kasih sayang baik terhadap manusia maupun hewan. Percuma saja anda berhenti makan steik dan sate serta menumpuk sayur mentah di kulkas, tetapi anda masih suka bersikap kasar, tidak suka membantu orang yang kesusahan atau hobi mengumpat sesama pemakai jalan. Pada akhirnya, pilihan juga tergantung pada tujuan anda melakukan yoga.

 

Misalnya, jika anda termasuk yang memilih yoga hanya untuk sebagai sarana melatih tubuh serta melepaskan stres, anda tidak perlu memaksa diri untuk mengubah pola makan segala. Akan tetapi, jika anda melakukan latihan yoga untuk mencapai suatu tujuan spiritual yang lebih tinggi, anda boleh saja mempertimbangkan untuk menyesuaikan gaya hidup anda, termasuk mulai menjadi vegetarian jika itu yang anda anggap benar.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”rand” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1436844188869-20a271be-dc9e-10″][/vc_column][/vc_row]