Gaya Kucing (Cat Pose) sebagai Obat Sakit Pinggang

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Sakit pinggang merupakan penyakit yang sangat berkaitan dengan fungsi tulang belakang. Aktifitas kita ketika berdiri, duduk, membungkuk, jongkok, memutar dan miring ke kanan dan ke kiri sangat dipengaruhi oleh ruas-ruas yang menyusun tulang belakang. Ruas-ruas tersebutlah yang membentuk lengkungan pada leher dan pinggang, serta lengkungan ke belakang pada daerah dada serta pinggul.

 

 

obat sakit pinggangDan setiap bagian dari tulang belakang tersebut tersambung dengan sistem persyarafan yang bisa mengantar rasa sakit pada otak, baik yang disebabkan oleh robekan, tekanan atau bahkan tarikan sehingga menimbulkan rasa nyeri pada pinggang. Bagi mereka yang membiarkan gejala sakit pinggang selama bertahun-tahun tanpa adanya terapi, lama kelamaan akan merambat tulang punggung yang menjadi kaku serta bungkuk. Oleh karena itu, melakukan aktifitas seperti yoga dapat berfungsi sebagai obat sakit pinggang alami bagi penderitanya.

 

 

Umumnya sakit pinggang tidak hanya mutlak disebabkan oleh gangguan mekanik pada struktur tulang saja, namun juga disebabkan karena penyakit-penyakit yang tidak ada kaitannya secara langsung dengan tulang. Misalnya gangguan ginjal, gangguan metabolik, penyakit jantung dan bahkan kanker. Sakit pinggang karena ginjal disebabkan adanya kelainan pada air kemih seperti darah akiat kerusakan dinding saluran ginjal. Dinding yang rusak tersebut merupakan hasil luka yang disebabkan oleh adanya batu ginjal. Bisa diasumsikan bahwa obat penyakit-penyakit tersebut bisa disebut sebagai obat sakit pinggang juga secara tidak langsung.

 

 

cat poseYoga bisa dijadikan sebagai salah satu obat sakit pinggang yang murah meriah. Bagi pecinta yoga, tentu memahami beberapa gerakan yang bisa membantu proses penyembuhan. Misalnya Dhanurasana (Pose Bow). Pose ini mengharuskan seseorang untuk membengkokkan lutut dan telungkup serta memegang kedua tangan dengan menariknya pada kedua kaki. Kalau dilihat secara sekilas, mirip dengan perahu dengan perut yang menumpu pada matras.  Selain itu, ada pula Marjaryasana (Cat Pose) yang bisa membantu menghilangkan rasa nyeri pada pinggang. Posisinya seperti orang merangkak di mana telapak tangan diletakkan sejajar dengan bahu yang tegak lurus, persis seperti seekor kucing. Posisi berlutut dan kedua kaki disejajarkan dengan kedua tangan. Punggung dilengkungkkan ke atas dan ditahan pada posisi ini selama kurang lebih lima menit. Kedua pose yoga ini bisa membantu Anda menghilangkan nyeri di punggung.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”rand” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1436353333714-046470a9-dfa7-7″][/vc_column][/vc_row]