Gerakan Yoga untuk Sakit Punggung dan Kepala

Jalanan macet di ibukota yang tidak berkesudahan tentu memeras konsentrasi dan fisik. Hal ini  sudah tentu mengakibatkan pegal disekitar tulang punggung belakang serta di bagian leher.   Yang menjengkelkan, sakit di tulang punggung kadang tidak kunjung hilang, karena beberapa bagian otot menegang selama ber-jam jam.  Pada akhirnya sakit punggung ini dapat merambat naik ke bagian leher dan ujung-ujungnya menyebabkan sakit kepala.

Apabila Anda mengalami hal ini,  Anda dapat mengantisipasinya dengan senam yoga (gerakan yoga) Bharadvajasana 1.  Gerakan yoga ini memutar badan dengan lembut dan berfungsi sebagai pelepas kepenatan di tulang punggung (spine) dan juga me-rilekskan organ-organ di perut.

Untuk melakukan gerakan yoga Bharadvajasana 1 dengan sempurna, simak instruksinya dibawah ini:

gerakan yoga - Bharadvajasana 1
Bharadvajasana 1
  • Duduklah di lantai dan lipat kedua kaki kebelakang dengan posisi duduk.  Kemudian tempatkan berat badan di pantat kanan.  Supaya posisi lebih stabil, Anda dapat meletakkan yoga blanket di bagian bawah bokong kanan.  Posisikan kaki Anda di lantai ke luar  dari pinggul kiri , dengan me-istirahat pergelangan kaki kiri pada telapak kaki sebelah kanan .
  • Tarik napas dan angkat tulang dada bagian atas untuk mengembangkan tubuh bagian depan . Lalu buang napas dan putar badan Anda ke kanan,  dengan tetap jaga posisi pantat kiri  dekat dengan lantai .  Bayangkan tulang ekor Anda memanjang ke lantai dan rileks kan otot perut Anda.
  • Selipkan tangan kiri Anda di bawah lutut kanan dan letak-kan telapak tangan kanan di lantai tepat di samping pantat kanan Anda . Tarik bahu kiri Anda kembali sedikit ,  dan tekan bahu Anda  dan dengan gerakan memutar dada ke kanan .
  • Anda dapat memutar kepala Anda dalam salah satu dari dua arah : melanjutkan twist batang tubuh dengan memutar ke kanan , atau melawan twist batang tubuh dengan memutar kiri dan melihat dari atas bahu kiri ke kaki Anda .
  • Pada setiap tarikan nafas  coba untuk memutar lebih maksimal ke arah kanan, dengan bantuan jari yang menekan di lantai.  Tahan posisi ini selama 30 detik sampai 1 menit , kemudian kembali ke posisi awal dengan melepaskan pernafasan (exhale). Cobalah posisi ke kiri dengan cara dan waktu yang sama.