Gerakan Yoga untuk Penampilan Awet Muda

Yoga, yang dalam arti yang sebenarnya adalah relaksasi, merupakan suatu kegiatan yang bukan hanya membuat tubuh menjadi sehat, melainkan juga membuat wajah terlihat selalu tampak muda. Hal ini bisa di dapat, karena dalam yoga, banyak sekali kita temukan gerakan-gerakan yoga yang memiliki fungsi masing-masing.

Menurut seorang ahli dermatologi Dr. Jeanette Graf, M.D. , gerakan-gerakan yoga yang menyebabkan sirkulasi darah membaik dan membuat aliran nutrisi dan oksigen ke tiap bagian tubuh lancar, maka akan membuat jaringan kulit pun ternutrisi dengan baik. Dengan begitu, efek awet muda pun bisa di dapat. Dalam hal ini, ada beberapa gerakan yoga yang memiliki fungsi memperbaiki sirkulasi aliran darah dan oksigen ini, yaitu ‘anti aging yoga pose’ yang merupakan semua gerakan yoga dimana posisi kepala lebih rendah dari pinggang.  Gerakan-gerakan yoga yang dimaksud antara lain:

Lakukan gerakan yoga dibawah ini untuk tampil awet muda

plow pose - gerakan yoga untuk tampil awet muda

1. Plow (Halasana)
Posisi berbaring di lantai , kaki diangkat ke atas dengan sudut 90. Dengan kedua tangan disisi badan, dorong perut sambil mengangkat punggung hingga kaki hampir menyentuh wajah. Tahan hingga 45 detik dan turunkan perlahan-lahan.

shoulder stand

2. Shoulder stand (Salamba Sarvangasana)
Dengan posisi sama di atas, tempatkan kedua tangan ke punggung bawah dengan  posisi jari melebar untuk menopang. Tegakkan posisi tubuh dan tahan selama kurang lebih 3 menit. Kembali ke posisi semula dengan perlahan.

yoga-downward

3. Downward Facing dog
Tangan dan kaki dilebarkan sejajar bahu dengan posisi tubuh setengah telungkup. Letakkan telapak tangan di atas lantai. Capai permukaan lantai dengan tumit dan bokong menghadap ke atas. Kemudian buat rileks leher anda.

Gerakan Yoga untuk Penampilan Awet Muda 1

4. Forward bend (Uttanasana)
Berdiri dengan kaki sejajar pinggul. Bungkukkan badan sampai tangan menyentuh jari kaki. Silangkan tangan dan tahan sampai 45 detik.

fish pose

5. Fish (Matyasana)
Dengan posisi berbaring, letakkan kedua tangan ke bawah bokong hingga pergelangan tangan menekan lantai untuk mengangkat dada. Lengkungkan punggung dan mendongaklah ke belakang.

Gerakan-gerakan yoga semacam ini, jika anda praktekkan secara rutin, niscaya akan membuat anda lepas dari kelelahan akibat rutinitas kerja yang akan sangat mersak penampilan anda. cara yang bisa dikatakan sederhana ini sangat efektif membuat penampilan anda selalu awet muda karena sangat baik untuk tubuh dan pikiran. Mungkin anda belum percaya bahwa melakukan gerakan yoga seperti yang telah dijelaskan di atas akan membuat anda terlihtat seperti 10 tahun lebih muda dari usia anda yang sebenarnya.

Khasiat awet muda ini telah banyak dibuktikan, terutama oleh salah satu artis India berbakat seperti Rani mukerjee. Bahkan, salah satu pelatih yoga ternama di India juga mengatakan bahwa gerakan yoga seperti di atas juga dapat membuat kita terbebas dari penyakit serta membantu mengatur keseimbangan jiwa, tubuh dan pikiran.