Gerakan Yoga Untuk Memperkuat dan Membentuk Tubuh Bagian Tengah (Core)

Ingin melatih dan membentuk otot tubuh bagian tengah terutama otot perut dan punggung? Dalam latihan yoga ada beberapa jenis latihan yang dapat dicoba dan memang telah terbukti efektif membantu melatih sekaligus membentuk otot bagian perut serta punggung. Bentuk latihan ini sangat mudah untuk dipraktekkan. Seperti halnya bentuk latihan yoga lainnya,ada tiga versi latihan yang bisa Anda coba, yaitu untuk pemula, intermediate serta tahap advanced atau yang telah cukup terlatih.

Anda bisa memilih satu di antara tiga latihan berikut yang memang sesuai. Namun, satu hal yang perlu untuk selalu diingat adalah bahwa hal yang utama di sini bukanlah hasil yang didapat melainkan proses yang dilakukan. Fokuslah kepada bentuk latihan ini 100%. Hasil yang memang diharapkan akan datang dengan sendirinya tanpa perlu Anda risaukan. Dengan begitu, setiap proses dan tahapan latihan akan bisa dinikmati.

Sangat dianjurkan agar latihan ini ditambahkan ke dalam latihan rutin yang Anda lakukan.

 

Bentuk Latihan untuk Pemula atau Beginner

gerakan yoga untuk core perut

Posisikan kedua lutut serta telapak tangan ke lantai dengan posisi lengan lurus. Kemudian rentangkan kaki kanan ke belakang (melayang) secara perlahan. Tarik kembali dan dekatkan lutut kearah dada. Cobalah untuk mencium lutut saat punggung membungkuk. Rentangkan dan angkat kembali kaki kanan. Jaga agar posisi pinggang lurus. Ulangi latihan ini 10 kali secara bergantian.

 

Bentuk latihan untuk Intermediate

gerakan yoga - perut atau core

Ambil posisi dengan kedua telapak tangan serta telapak kaki menempel sempurna di lantai. Posisi kaki dan tangan lurus dengan punggung sedikit condong. Posisikan kepala melihat ke lantai. Perlahan, angkat dan luruskan kaki kanan ke belakang melayang keatas. Lalu, tekuk lutut dibarengi dengan merubah posisi punggung sedikit membungkuk dan mengangkat telapak kaki sebelah kiri hingga hanya bertumpu pada jari – jari. Usahakan posisi lutut kanan berada sedekat mungkin dengan dahi. Rentangkan dan kembali ke posisi awal. Ulangi latihan ini 10 kali secara bergantian.

 

Bentuk latihan untuk tingkat Advanced atau mahir

gerakan yoga - perut tengah

Posisikan tubuh Anda dengan tangan dari mulai siku hingga telapak tangan menempel sempurna di lantai. Angkat tubuh dengan cara meluruskan kaki kiri. Tumpuan kaki kiri harus berada pada jari – jari. Kemudian, angkat ke udara dan luruskan kaki kanan. Ambil posisi seluruh mungkin. Lalu, tekuk secara perlahan lutut kanan ke depan dada sembari membungkukkan punggung. Rasakan bahwa tangan Anda mendorong lantai. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali dengan kaki bergantian.

 

RinaRina Jakubowicz

Rina Jakubowicz is known for her vibrant and uplifting approach to yoga. She is an international bilingual yoga teacher, Reiki practitioner, motivational speaker, author, and TV show host. She has been a teacher of teachers for over ten years, presenting at Kripalu Center, Himalayan Institute, Omega Institute