Gerakan Yoga untuk Membantu Tidur Lelap

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Ingin tidur nyenyak tanpa bantuan obat? Yuk, coba berbagai gerakan yoga yang sederhana namun efektif ini.

 

leg up the wallLegs Up the Wall – Viparita Karani

Duduklah di lantai dengan satu sisi tubuh menempel ke tembok. Naikkan kaki sehingga menempel ke tembok, lalu perlahan turunkan kepala serta punggung ke lantai sehingga pantat menempel di tembok, sambil menjaga agar kaki tetap lurus di tembok. Letakkan tangan dengan santai di sisi-sisi tubuh, telapak tangan menghadap ke atas. Rileks dan bernapaslah dalam-dalam, tahan selama 1 hingga 5 menit.

 

Gerakan Yoga untuk Membantu Tidur Lelap 1

child pose

Child’s Pose – Balasana

Berlutut di atas matras, lalu duduk dengan kaki terlipat di bawah tubuh, lutut melebar dan kedua jempol kaki bersentuhan. Kemudian, turunkan tubuh bagian atas ke atas lutut yang terbuka hingga kening menyentuh matras, dan luruskan kedua lengan ke depan (atas kepala). Bernapaslah dalam-dalam, tahan posisi ini selama 1 menit. Gerakan yoga ini termasuk yang sangat direkomendasikan untuk relaksasi.

 

happy baby pose

Happy Baby Pose – Ananda Balasana

Berbaring di atas matras dengan kedua lutut dipeluk hingga menempel ke dada. Letakkan tangan di bagian tepi kaki, lalu buka lutut sampai lebih lebar daripada tubuh anda. Luruskan kaki, tegakkan kedua tangan anda dan tahan sambil menarik kaki ke bawah hingga terasa ada tekanan. Bernapaslah dalam-dalam dan tahan selama 1 menit.

 

Jika anda masih butuh usaha ekstra untuk bisa tidur nyenyak selain melakukan gerakan yoga, cobalah melakukan 30 menit olahraga kardio sedang hingga berat setidaknya 5 hari dalam seminggu. Chris Freytag, ahli kebugaran dari Prevention, berpendapat bahwa olahraga yang memacu jantung dan membuat berkeringat sangat baik untuk kebugaran serta membuat tidur lebih lelap.

 

Menurutnya, walaupun berjalan kaki adalah olahraga kardio yang mudah dan efektif, ada baiknya anda melakukan kegiatan yang pasti akan dinikmati seprti ikut kelas aerobik atau bersepeda. Anda bisa saja melakukan olahraga kardio sejam sebelum tidur jika tidak punya waktu, namun jika anda malah jadi tidak bisa tidur, coba tambah sela waktunya menjadi 4 jam sebelum tidur.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]