Coba Gerakan Yoga Ini Agar Tetap Fit Saat Pergantian Musim

Saat cuaca berubah, tubuh kita juga harus menyesuaikan diri dengannya. Dan bila tubuh gagal dalam hal itu, maka biasanya seseorang akan sakit saat pergantian musim. Apakah Anda pernah mengalami kondisi semacam ini?

 

Faktanya, perubahan cuaca dari panas ke dingin, atau sebaliknya, bukanlah kondisi yang mudah untuk dihadapi tubuh. Saat musim panas, tubuh mungkin lebih aktif bergerak karena ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di hari yang cerah. Namun sebaliknya, begitu masuk musim hujan, kegiatan sehari-hari yang dilakukan mungkin lebih sedikit. Hujan dan tanah becek membuat orang jadi malas untuk beraktivitas di luar ruangan.

 

Berbagai studi menyebutkan kalau seseorang merasa down dan tak bersemangat (dalam hal apapun), maka posisi tubuhnya cenderung bungkuk. Posisi ini tanpa sadar memang sesuai dengan suasana hati yang dirasakannya. Untuk mencegah itu terjadi, maka kita perlu belajar membuka hati selebar-lebarnya dan menerima segala yang terjadi dalam hidup, termasuk pergantian musim tadi salah satunya. Berita baiknya adalah Anda bisa mewujudkan itu dengan 3 yoga pose sederhana yang didemonstrasikan oleh guru yoga, Kajuan Douglas.

 

  1. Shoulder flossing

gerakan yoga - shoulder flossing

Cara melakukannya, pertama-tama duduklah di atas matras sambil bersila. Silangkan kedua kaki sejauh yang Anda bisa di depan tubuh. Setelah itu, angkat satu tangan ke atas, melampaui kepala, tekuk itu di belakang punggung, dan gunakan tangan satunya untuk ‘menyambut’ tangan yang terangkat tadi sehingga keduanya bertemu di belakang punggung. Tegakkan kepala dan tubuh saat menahan ‘pertemuan’ kedua tangan tadi. Ulangi juga untuk tangan satunya. Yoga pose ini bisa membuka bahu dan dada sehingga menegakkan postur tubuh.

 

  1. Full wheel

gerakan yoga - full wheel

Gerakan yoga berikutnya bisa dimulai dengan posisi berbaring di atas matras. Letakkan kedua tangan di samping tubuh dengan telapak menghadap ke matras. Tekuk kedua lutut, lalu bawa kedua tangan di dekat telinga, di atas bahu sehingga siku mengarah ke langit-langit. Angkat tubuh setinggi dan semaksimal yang Anda bisa, tahan.

 

  1. Warrior 2

gerakan yoga - warrior 2

Gerakan yoga ke-3 ini tentu tak asing lagi bukan?! Anda pasti sering melakukannya. Sebelum masuk warrior 2, mari kita mulai dengan melakukan pose yoga downward facing dog. Setelah itu, tekuk salah satu kaki ke depan tubuh, lalu tegakkan tubuh dan rentangkan kedua tangan lurus ke samping, tahan posisi selama beberapa saat.

 

Lakukan 3 yoga pose tadi secara rutin agar Anda tetap fit di segala musim.