2 Gerakan Senam Yoga untuk Menghilangkan Sakit Kepala

Siapapun pasti pernah mengalami sakit kepala, baik migren atau demam. Bisa juga karena tekanan pada punggung bagian atas dan pundak secara bersamaan. Untuk menghilangkan sakit kepala, beberapa cara yang ditempuh adalah dengan minum aspirin. Padahal pain killer bisa membuat saraf terganggu dalam jangka panjang. Namun ada cara menghilangkan sakit kepala yang lebih aman dan sehat, yaitu dengan melakukan gerakan-gerakan yoga tertentu.

senam yoga
Extended Puppy Pose

Sakit kepala, meski arahnya kepada bagian penting dari tubuh manusia, namun bisa pula menyerang ke bagian lain seperti leher, pelipis, kepala bagian bawah dan bagian atas. Ada pula yang menyerang pada sisi tertentu saja. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Gigi berlubang merupakan salah satu penyebab sakit kepala, selain tekanan darah tinggi, lambung kosong, dan sengatan matahari. Untuk menyembuhkannya, cara menghilangkan sakit kepala melalui yoga bisa dimulai dari beberapa gerakan sederhana seperti Uttana Shishosana – extended puppy pose. Caranya dengan berdiri lalu tundukkan seluruh tubuh dan kepala. Sisakan jarak antara kepala dan lutut dan peganglah pergelangan kaki dengan kuat (bukan mencekram). Pose ini bisa membantu aliran darah ke kepala lancar.

senam yoga

Lalu ada pula Supta Baddha Konasana- reclining bound angle pose, yang merupakan pose berbaring dengan sudut terikat. Telapak tangan ke atas dan lutut ditekuk dan telapak kaki berhadapan dan bersentuhan. Hal ini bisa membuat lutut bergeser ke samping atau berlawanan arah. Lengan lalu digerakkan melewati kepala sambil menarik nafas. Lakukan dengan santai hingga mencapai 10 kali tarikan nafas. Ini adalah cara menghilangkan sakit kepala dengan sederhana dan sehat.

Jika Anda sudah terbiasa berlatih yoga, lakukan Sirsana atau headstand. Bagi pemula sangat tidak dianjurkan karena bisa-bisa membuat tulang belakang Anda patah karena salah posisi dan tidak mampu menjaga keseimbangan. Ini adalah pose di mana kepala jadi ‘kaki’ dan kaki jadi ‘kepala’.

Sangat efektif sebagai cara menghilangkan sakit kepala dengan cepat. Darah akan langsung mengalir deras ke otak dan sel-sel kepala lainnya sehingga membawa nutrisi bagi otak. Dengan demikian, pusing bisa hilang dengan cepat.