Cara jitu membersihkan “Yoga Mat”

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Yoga mat  adalah  aksesoris yoga yang sangat penting atau bisa juga disebut sebagai fondasi dari semua peralatan yoga. Bagaimana tidak, untuk melakukan posisi dan gerakan yoga, anda sudah pasti membutuhkan yoga mat.

 

 

membersihkan yoga matApabila anda latihan yoga dengan intens (atau Hot Yoga/Bikram Yoga), akan cukup banyak keringat yang akan menetes ke mat,  dan apabila yoga mat tidak dibersihkan secara reguler, akan timbul bau yang kurang sedap. Lebih-lebih apabila keringat mengering dan bercampur dengan debu, sudah pasti akan timbul bakteri yang bisa membahayakan kulit.

 

Membersihkan yoga mat secara reguler sangat direkomendasikan dan berikut adalah cara jitu bagaimana membersihkan yoga mat anda:

 

Bersihkan yoga mat anda dengan membilasnya dengan Plas Chamois.
Akan lebih baik apabila anda membersihkan yoga mat dengan Plas Chamois daripada kain/lap. Ada 2 merek yang cukup terkenal yaitu Kanebo dan Aion. Meski harga ke 2 merek tersebut lebih mahal daripada merek lain, tetapi anda akan puas karena awet dan dapat menyerap air dan membersihkan kotoran/debu dengan sangat baik.

 

plaschamoisCelup Plas Chamois dengan air dan kemudian peras. Sisakan air di Plas Chamois sehingga dalam keadaan lembab. Lap yoga mat anda dari ujung atas ke bawah secara merata kedua sisi.  Apabila yoga mat anda cukup kotor, anda dapat membilasnya dengan air sabun (sabun yang lembut, tidak mengandung banyak alkaline). Setelah itu, diulang dengan membasuhnya dengan Plas Chamois yang telah dicelup dengan air untuk menghilangkan sisa larutan sabun.

 

Gunakan Vinegar (cuka) yang dicampur dengan air.
Apabila yoga mat mengeluarkan bau yang tidak enak, campurkan beberapa tetest vinegar (cuka) dalam satu gayung air dan gunakan campuran ini untuk membersihkan yoga mat dengan me-lapnya dengan Plas Chaomois. Ulang beberapa kali sehingga bau hilang.

 

Yoga mat juga perlu bernafas…
Ada kebiasaan jelek dari beberapa praktisi yoga yaitu tidak pernah membuka mat di rumah (un-rolled the mat). Meskipun anda tidak ada waktu untuk membersihkan mat, anda harus membuka mat dari sarung dan mat digantung supaya keringat yang menempel setidaknya kering dengan cepat.  Keringat akan menimbulkan lembab dan hal ini akan memberikan peluang bakteri untuk berkembang, sehingga menimbulkan bau. Ada baiknya, sewaktu digantung, pasang kipas angin menuju yoga mat untuk mempercepat keringnya yoga mat anda.

 

Bagi praktisi yang memakai Black Mat PRO atu Pro Lite,  dan Tortue Sticky mat pada awal pemakaian 1-3 bulan, yoga mat harus sering dibersihkan dengan Plas Chamois (hanya dengan campuran air).  Hal ini disebabkan adanya lapisan film hasil dari manufacturing dari pabrik yang bisa menyebabkan yoga mat terasa sedikit licin. Makin anda usap dengan Plas Chamois, yoga mat akan terasa enak dan anti-slip.  Sudah pasti anda akan mempunyai pengalaman latihan yoga yang memuaskan.

 

Apabila cara membasuh yogamat dengan Kanebo (plas chamois) dirasa kurang cepat atau tidak memberikan hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan yogamat soap Tortue.   Sabun untuk matras yoga ini sangat lembut di tangan dan bagi yogamat.  Cara mencuci nya sangat mudah sekali.  Apabila ingin cuci cepat (fast wash), anda menggunakan 3x pump hanya untuk permukaan matras yoga. Cuci total atau full wash, anda menggunakan 5x pump dan dicampurkan air dalam ember besar dan matras yoga dapat dicuci. Gunakan sikat gigi bekas yang lembut (not hard) dan sikat permukaan dengan halus sehingga tidak merusak permukaan matras yoga. Dengan demikian, yogamat anda akan siap dipakai dan dalam keadaan bersih.

 

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column]

[/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_text_separator title=”Related Articles” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ orderby=”rand” grid_id=”vc_gid:1495686996836-5b477316-519e-3″][/vc_column][/vc_row]