Apakah YOGA itu? Hanya sebatas “gerakan yoga” saja?

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Patanjali menulis mengenai Yoga Sutra, yaitu tulisan awal mengenai yoga yang ditemukan 2,500 tahun yang lalu. Di tulisan ini Patanjali medefinisikan yoga sebagai “chtta-vrtti-nirohdah”, atau artinya tujuan membuat pikiran/mind kita tenang (stilling the mind).  Hal ini sama dengan definisi dari T.K.V Desikachar, seorang guru yoga ternama yang menjelaskan bahwa tujuan dari yoga adalah mengontrol pikiran kita (mind) kepada suatu objek dan terbebas dari berbagai ganggungan disekitar kita (distractions).

 

 

 

patanjliOrang Barat biasanya mengambarkan yoga pada postur atau pose. Nama yoga sendiri berasal dari  kata Sanskrit, yaitu YUJ, berarti menjadi satu kesatuan (to unite, to joint or to connect).  Dari kata-kata ini, bisa kita asosiasikan dengan integrasi, re-balancing, atau me-membawa diri kita pada suatu keadaan harmoni. Lain arti dari YUJ adalah me-fokuskan pikiran  atau sama dengan meditasi (to center one’s thought, to concentrate oneself or to meditate deeply).

 

 

 

Yoga adalah “Keadaan Pikiran”/ State of Mind.  Tujuan dari yoga adalah untuk menuju pikiran yang tenang, dan ini memang sangat intagible atau sulit untuk dimengerti.  Dari situlah, YOGA ASANA memberikan solusi untuk meraih tujuan ini.  Konsentrasi kepada bagian tubuh akan lebih mudah karena sesuatu yang “tangible”/ dapat dirasakan. Setelah itu, baru perlahan lahan ke bagian pikiran/mind (intangible).

 

 

 

Mengapa gerakan yoga dapat memberikan konsentrasi atau fokus kepada pikiran kita? Hal ini disebabkan karena tubuh hanya eksis pada keadaan sekarang (present moment), tidak seperti pikiran yang dapat melayang pada masa lampau atau yang akan datang (future). Sebagai contoh apabila anda melakukan “hatha yoga”, anda harus aware terhadap semua bagian tubuh anda. Apabila anda fokus pada tubuh, hal ini akan menarik semua pikiran pada keadaan sekarang (present). Dengan demikian, rasa khawatir akan hilang dan kata “harus”/must akan sirna  dan inilah yang akan menghilangkan rasa stress dan memberikan rasa nyaman pada pikiran anda.

 

 

 

Apabila anda dapat me-fokuskan pikiran pada keadaan sekarang, anda akan merasakan seakan beban berat hilang. Tentunya beban pikiran ini akan kembali lagi, tetapi biasanya beban pikiran tersebut akan makin mengecil.  Pada saat itulah anda telah berlatih untuk menangkan pikiran dan ini adalah tujuan penting dari yoga.

 

 

 

Dari tulisan ini anda mengetahui, bahwa berlatih yoga tidak hanya mempelajari gerakan-gerakan yoga yang menyehatkan tubuh, tetapi secara tidak langsung anda akan terbebaskan dari stress.  Pada saat latihan yoga, anda berlatih menenangkan pikiran, dan proses ini terjadi secara tidak langsung atau disadari, karena pada saat kita melakukan yoga asana, konsentrasi akan tertuju pada tubuh – body awareness  dan keadaan ini membawa pikiran pada saat ini/present yang mengacu pada ketenangan.

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”date” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1439612985429-7d9e433c-6e57-4″][/vc_column][/vc_row]