peralatan yoga penunjang Advance Yoga Pose Kurmasana dan Tittibhasana

Buat Anda yang menginginkan tantangan lebih dalam latihan yoga, maka yoga props sebagai peralatan yoga dapat dimanfaatkan untuk tujuan itu. Salah satu yoga props yang dapat digunakan adalah kursi dan yoga block.

Anda tinggal memanfaatkan kursi sebagai landasan bila ingin lebih mudah berpindah dari Kurmasana (Tortoise Pose) ke Tittibhasana (Firefly Pose), atau sebaliknya. Transisi kedua pose ini jelas sangat menantang bagi beberapa orang sehingga butuh bantuan yoga props untuk melakukannya.

Saat mempraktekkan Kurmasana menggunakan kursi misalnya, Anda hanya perlu mengangkat kaki bagian bawah. Ini merupakan cara cerdas untuk memperkuat paha, terutama saat proses meluruskan lutut. Dan karena lengan tidak perlu dijepit di bawah kaki, Anda bisa langsung mengarahkan kaki, punggung, dan lengan tanpa perlu memperberat kinerja punggung, bahu, dan siku.

Ingin melakukan posisi yoga advance ini?

Ketika hendak berganti pose dari Kurmasana ke Titibhasana, Anda akan belajar bagaimana caranya:

  • Memindahkan beban tubuh ke lengan
  • Memusatkan diri agar tekanan kedua tangan ke bawah bisa maksimal
  • Mengangkat dinding perut selagi melayangkan pantat naik dari kursi

Dan tentu saja transisi pose dari Kurmasana ke Titthibhasana – begitu pula sebaliknya – sangat menyenangkan dan bermanfaat karena bisa menguji keseimbangan sekaligus melatih kontrol pergerakan anggota tubuh. Saat melakukannya, Anda akan merasa seperti miniatur jungkat-jungkit.

Praktisi dapat menggunakan peralatan yoga seperti block, strap dan bolster untuk menyempurnakan yoga pose.

Jadi bagaimana, sudah siapkah Anda untuk praktek? Kalau ya, maka simak cara melakukan transisi dari Kurmasana ke Titthibhasana berikut ini:

Step 1

peralatan yoga
Yoga block sebagai peralatan yoga

Duduklah di atas kursi dengan kaki terbuka lebar dan lutut tertekuk. Lalu bungkukkan badan ke depan (agak condong ke bawah). Tempatkan lengan di atas lantai (atau yoga block) di antara kedua kaki. Anda juga bisa menggunakan yoga block untuk menyanggah tumit kalau kursinya terlalu tinggi.

Step 2

Tarik perut masuk, hembuskan nafas, lalu mulailah proses meluruskan lutut. Ulangi aksi menekuk dan meluruskan lutut ini selama beberapa kali, lalu tahan di posisi lutut lurus, jari-jari kaki melebar, dan otot perut tetap tertarik masuk. Bernafaslah sehingga kulit dan serat otot-otot terasa meregang/ memanjang.

Step 3

peralatan yoga penunjang Advance Yoga Pose Kurmasana dan Tittibhasana 1
Yoga block sebagai peralatan yoga

Selanjutnya, bawa pantat agak jauh ke depan kursi. Hembuskan nafas, dan ketika Anda menekan kedua tangan di atas lantai atau yoga block, pindahkan bobot tubuh ke lengan. Angkat dinding perut, pinggul, dan pantat secara serempak. Luruskan kaki seperti yang Anda lakukan sebelumnya. Mungkin agak sulit untuk meluruskan kaki pada saat ini karena paha tak lagi ditopang oleh kursi. Tahan posisi selama beberapa kali hitungan nafas sambil berfokus memindahkan pernafasan ke belakang tulang rusuk.

Step 4

Hembuskan nafas saat Anda menurunkan pinggul kembali ke kursi. Tarik dan hembuskan nafas saat mengangkat tubuh lagi. Ulangi transisi maju-mundur ini beberapa kali bila memang memungkinkan. Dan jangan lupa untuk menyelaraskan aksi menurunkan dan menaikkan pantat dengan pernafasan.

carrie owerko

Carrie Owerko

Carrie Owerko has been teaching yoga and exploring the relationship between body, breath, and mind for several years. She holds a Senior Intermediate Iyengar teaching credential, is a certified Yoga Therapist (IAYT), and continues her studies with the Iyengar family by traveling to India on a regular basis, as well as with continuous and in-depth studies with her yoga teacher, Patricia Walden.