7 Postur Yoga untuk Menaikkan Libido

Saya mempunyai banyak murid yang menanyakan posisi yoga apakah yang dapat menaikan libido seks atau memperbaiki kehidupan seks mereka.

 

Kadang saya tidak dapat menahan tawa karena pertanyaan ini juga menghantui saya pada waktu awal berlatih yoga, tetapi pada waktu itu saya tidak berani bertanya kepada insruktur.

Yoga membantu semua aspek dalam hidup dan anda pasti mengetahuinya apabila seorang praktisi yoga. Jadi jawabannya adalah “ya” yoga dapat memperbaiki libido. Apabila anda berlatih yoga dengan benar, tubuh anda akan me-respons, dan tidak bereaksi terhadap pengaruh dari luar. Studi juga menunjukkan bahwa yoga memperbaiki fungsi seks, dan menaikan libido.

Kate Hanley, seorang guru yoga dan founder dari MindBody.com bekata bahwa berlatih yoga dapat mempengaruhi libido secara positif, karena memperlancar sirkulasi darah dari daerah pelvis.  Apabila kita melakukan yoga asana, hal ini memberikan energy ke semua system tubuh dan menyebabkan rileks.

Guru yoga lainnya Paula Tursi, menulis kolom di Hffington Post mengatakan bahwa yoga menunjukkan kita belajar bagaimana untuk lebih melambat, membuka diri dan merasakan alam sekitar.

Marilah kita melihat 7 gerakan yoga atau postur yoga yang dapat menaikan libido dan memperbaiki kehidupan seks:

 

1. Downward Facing Dog

Postur yoga Downward Facing Dog adalah gerakan yoga yang sangat umum dilakukan. Ini adalah yoga pose yang dalam literature selalu dihubungkan dengan kenaikan libido.

downward facing dog

downward facing dog

Secara garis besar, downdog pose memperbaiki fleksibilitas dan mengurangi rasa sakit di punggung dan leher, yang mana dua hal yang memberikan pemikiran kreatifitas seksual.

Pada yoga pose ini, bokong akan mengantung di udara, letak pinggang yang rileks dan menyebabkan sirkulasi darah yang baik di system tubuh, sehingga ini menyebabkan libido lebih segar.

 

2. Cobra Pose

Di buku William Broad’s – The Science of Yoga, diceritakan bagaimana scientist dari India dan Russia mengadakan riset pada beberapa postur yang dapat mempengaruhi libido dengan positif.

cobra pose

cobra pose

Secara rata-rata, hormone Cortisol (hormone yang menaikkan tekanan darah dan level stress) turun 11%, dan testosterone naik 16%. Meskipun testosterone adalah hormone lelaki, tetapi hormone ini dapat memberikan pikiran yang jernih, dan energy yang positif.

 

3. Bound Angle Pose

Gerakan Yoga yang mudah ini dapat me-stimulasi libido yang rendah, karena pose ini membuka bagian pinggang. Kita biasanya memendam marah di daerah ini, dan apabila kita tidak pernah melakukan suatu aktifitas di daerah ini, kita akan mempunyai pinggang yang stagnan.

 

bound angle pose

bound angle pose

4. Eagle Pose

Ini adalah salah satu yoga pose yang cukup seksi dan di ilustrasikan di buku Kama Sutra. Apabila anda melakukan gerakan yoga ini, bagian cervix dan pelvic akan seperti diplintir, dan apabila yoga pose ini dilepaskan, aliran darah segar akan mengalir ke daerah ini sehingga menambah energy dan memperbaiki konsentrasi.

eagle pose

eagle pose

5. Wide Angle Seated Forward Bend

Posisi ini termasuk “hip opener” dan salah satu yoga pose yang dapat menaikan libido untuk lelaki dan wanita. Posisi ini menambah fleksibilitas sehingga membuat pinggang, paha dan punggung bawah lebih rileks.

6. Bridge Pose

Apabila anda menyukai orgasme, posisi ini dapat sangat membantu. Yoga pose ini memperkuat otot-otot di sekitar miss V, sehingga menyebabkan mudah untuk mencapai klimaks. Posisi yoga ini mempunyai persamaan apabila anda melakukan senam kegel

bridge pose

bridge pose

7. Cat and Cow Pose

Ini adalah gerakan favorit saya sebelum melakukan Vinyasa flow. Dengan menurunkan dan menaikan pelvis akan menguatkan otot2 kegel dan hal ini tentunya memberikan efek positif pada libido seks.

cat pose

cat pose

 

oleh Gina M. Florio

gina m florio