7 Gerakan Yoga yang Dapat Dilakukan Di Kursi

Dari menurunkan tingkat stress sampai menambah kekuatan dan fleksibilitas tubuh, keuntungan berlatih yoga telah dibuktikan. Meskipun demikian, berlatih yoga masih dianggap sesuatu yang sulit bagi beberapa orang.

 

Mungkin hal ini disebabkan oleh gerakan yoga tingkat lanjut yang oleh pemula dinilai membutuhkan fleksibilitas tubuh yang tinggi, atau bisa saja takut ketinggalan oleh teman-teman di kelas, atau bahkan mempunyai limitasi di keadaan fisik yang menyebabkan tidak dapat mengikuti kelas yoga secara penuh.  Apapun alasannya, menggunakan yoga prop dan kursi akan memberikan persepsi berbeda dan solusi kepada Anda.

 

Kursi yoga (chair yoga) dapat me-adaptasi beberapa gerakan traditional yoga dasar dengan cara duduk. Sehingga hal ini memberikan keuntungan bagi orang yang tidak dapat berdiri dalam jangka waktu lama. Menggunakan yoga chair juga memberikan keuntungan-keuntungan berlatih yoga secara cukup menyeluruh.

 

Siapa yang dapat berlatih dengan Chair Yoga (Kursi Yoga) ?

Cara berlatih dengan kursi yoga biasanya diperuntukan ke orang usia lanjut (senior citizen), tetapi bisa juga untuk orang bertubuh gemuk (obese) atau yang mempunyai penyakit neurogi (syaraf). Orang kantoran juga diuntungkan oleh kursi yoga ini karena dapat berlatih yoga secara cepat dan praktis.

 

1. Chair  Cat-Cow Strech

cat-cow strech gerakan yoga

Gerakan yoga ini untuk menguatkan otot perut dan memberikan fleksibilitas tulang belakang.

 

2. Chair Forward Bend

chair forward bend - gerakan yoga

Mengurangi tekanan pada daerah kepala, leher dan pundak.   Pose yoga ini juga mengendorkan sistem nervous dan mengurangi stres.

 

3. Chair Spinal Twist

chair spinal twist - gerakan yoga

Gerakan yoga ini membuka bahu dan leher serta memberikan pijatan di tulang punggung. Sangat baik apabila anda menderita migren.

 

4. Chair Thread The Needle

chair thread the needle - gerakan yoga

Gerakan yoga ini memijat bagian paha, punggung dan otot psoas.

 

5. Chair Eagle Arms

chair eagle arms - gerakan yoga

Pose ini memberikan pijatan yang dalam di kedua bahu.

 

6. Chair Warrior 2

chair warrior 2 gerakan yoga

Gerakan yoga ini menguatkan otot kaki dan lengan, membuka bagian dada dan bahu, serta memijat bagian perut.

 

7. Chair Reverse Warrior

chair reverse warrior gerakan yoga

Gerakan yoga ini memperkuat kaki, memberikan fleksibilitas bagian tubuh atas, dan tulang punggung.

Gerakan yoga di kursi seperti diatas sangat sederhana dan mudah sekali dilakukan dimana saja.  Keuntungan kesehatan yang didapat juga besar sekali.  Maka itu, lakukan sekarang juga !