6 Gerakan Yoga Untuk Jantung Yang Lebih Sehat

yoga meditation

Setiap orang pasti ingin memiliki jantung sehat. Untungnya keinginan itu tidaklah sulit diwujudkan. Selain menjalani pola hidup sehat, beberapa rangkaian gerakan yoga berikut ternyata efektif meningkatkan kesehatan jantung. Mari kita mulai dari pose yang paling mudah lebih dulu.

1. Tadasana (Mountain pose)

gerakan yoga tadasana
Gerakan Yoga Tadasana

Walau tampak sepele, gerakan yoga ini ampuh membantu menguatkan jantung dan juga meningkatkan fleksibelitas tubuh.

2. Trikonasana (Triangle pose)

gerakan yoga trikonasana
Gerakan Yoga Trikonasana

Mempraktekkan Triangle pose efektif untuk membuka jantung sehingga Anda bisa bernafas lebih dalam dan teratur dibanding biasanya. Bonusnya lagi, staminapun jadi membaik karenanya.

3. Utkatasana (Chair pose)

gerakan yoga utkatasana
Gerakan Yoga Utkatasana

Ketika melakukannya, Anda bisa merasakan kalau jantung dan tingkat pernafasan membaik. Pose yang meningkatkan suhu tubuh tersebut juga mampu menguatkan badan.

4. Adho Mukha Svanasana (Downward facing dog pose)

Gerakan Yoga Adho Mukha Svanasana
Gerakan Yoga Adho Mukha Svanasana

Jantung sehat juga bisa diperoleh dari mempraktekkan pose istirahat ini karena dampaknya yang menenangkan sistem tubuh sekaligus meningkatkan energi.

5. Dolphin pose

gerakan yoga dolphin
Gerakan Yoga Dolphin

Memang sih Dolphin pose sedikit lebih menantang dibanding Downward Facing Dog. Alasannya karena selain meningkatkan stamina, gerakan ini juga menguatkan tubuh bagian atas sehingga tubuh siap untuk ‘pose pembuka jantung’ berikutnya.

6. Anjali Mudra

Anjali mudra yoga pose
Gerakan Yoga Anjali Mudra

Terakhir, jangan lupa praktekkan Anjali Mudra. Gerakan tersebut tak hanya baik untuk membuka jantung sehat, menenangkan otak, atau mengurangi stres saja, tapi juga menyiapkan tubuh untuk pranayama dan meditasi. Namaste!