5 Efek Dahsyat Yoga Bagi Pasien Kanker

Sebagian besar orang pasti merasa dunianya terbalik saat dirinya divonis mengidap kanker. Ya, perasaan itu jugalah yang dimiliki Kate Menard ketika ia divonis menderita kanker limfoma pada usia 21 tahun.

Namun perempuan yang kini berprofesi sebagai penulis dan guru yoga itu berhasil survive. Saat sakit, ia mencoba untuk tetap optimis dan bangkit dari keterpurukan. Kate pun kemudian memutuskan untuk berlatih yoga, olahraga yang saat sehat dulu tak pernah dilakoninya. Dan selama beberapa tahun terakhir, yoga terbukti mampu membuat pecinta anjing ini sembuh.

Kini, Katepun ingin membagikan 5 efek dahsyat yoga yang ia rasakan saat masih menderita kanker dulu. Apa sajakah itu?

 

Perawatan kanker dengan yoga1. Membuat diri merasa lebih baik

Yoga tak hanya membuat pasien kanker jadi lebih mengenal tubuhnya sendiri, namun juga menjadikannya merasa lebih baik. Sebelum didiagnosa terkena kanker, Kate tak pernah tahu apapun soal sistem limfatik. Namun setelah melakukan yoga, ia jadi paham dan lebih mengenal tubuhnya sendiri, soal apa yang nyaman dan tidak.

Sekarangpun ia jadi bisa menengarai bagian tubuh mana yang kaku, area mana yang perlu dikuatkan, dan sebagainya. Tentang asana misalnya, melakukannya tak cuma membuat fisik lebih kuat, namun juga membuat kita sadar soal apa yang diperlukan dan diinginkan tubuh.

 

2. Menenangkan pikiran

Ketika divonis sakit, seseorang pasti akan lebih banyak pikiran daripada sebelumnya. Terkadang agak sulit untuk mengalihkan pikiran ke hal lain, apalagi kalau benak ini dipenuhi rasa khawatir. Untungnya, kita bisa belajar menenangkan menenangkan pikiran melalui yoga.

 

3. Membuat kita hidup sehari lepas sehari

Banyak kali, kita menghabiskan waktu untuk menyesali masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan. Ini membuat kita tidak bisa menikmati hari ini. Namun yoga dapat membantu kita untuk fokus dengan apa yang sedang terjadi sekarang.

Saat seseorang mendedikasikan waktunya untuk berlatih yoga, maka sebenarnya ia sedang beristirahat dari stres, kekhawatiran, kesedihan, ketakutan, dan emosi negatif lain. Yoga mengajarkan kita untuk sadar, bahwa tak peduli apapun yang sedang terjadi dalam hidup, selalu mungkin bagi kita untuk menikmati momen sekarang.

 

perawatan kanker dengan yoga4. Mengajarkan kita untuk bersyukur

Sudahkah Anda bersyukur hari ini? Syukur tak harus diucapkan atas hal-hal besar saja, melainkan perkara kecil yang kelihatan remehpun juga. Apakah Anda pernah bersyukur soal matahari yang bersinar dan udara yang gratis yang kita hirup?

Jika seseorang mengembangkan sikap bersyukur dalam kesehariannya, maka itu bisa membuat ia merasa lebih baik dan bahagia. Kebiasaan bersyukur melatih pikiran untuk melihat sisi positif dan bukannya yang negatif.

Faktanya, rasa syukur (sekecil apapun itu) bisa membangkitkan perasaan senang. Dan Anda bisa melakukannya saat yoga dengan memikirkan paling tidak 3 hal yang paling disyukuri. Kalau kita sudah memulai hari dengan perasaan syukur, maka energi positiflah yang pasti dirasakan pada sepanjang hari itu.

 

5. Mengajarkan kita untuk mencintai diri apa adanya

Setiap manusia itu unik dan tiada bandingnya. Namun seringkali, kita lebih condong mengagumi sisi baik orang lain dan lupa akan kelebihan diri sendiri. Malahan kita lebih cenderung berfokus pada kekurangan diri sendiri. Otomatis, sikap semacam ini membuat kepercayaan diri turun. Dan ini bisa membuat kita sulit untuk maju dan mengembangkan diri.

Untungnya, yoga bisa mengajarkan kita untuk mengenal diri sendiri, baik kekurangan maupun kelebihannya. Yoga mengajarkan pada kita bahwa kecantikan sesungguhnya bukan terletak pada fisik, namun karakter. Dan begitu seseorang berhasil mengenal dirinya sendiri, maka ia jadi lebih bisa menghargai dan mencintai dirinya sendiri.

Seperti yang disampaikan Kate barusan, ada begitu banyak dampak yoga bagi pasien kanker yang begitu mencengangkan. Jadi tunggu apalagi?! Segera beli matras dan bergabunglah dalam kelas yoga di kota Anda.

 

 

kate menardKate Menard

Kate is a Toronto-based writer, yoga teacher, cancer survivor, and all-around health enthusiast. She has a self-proclaimed healthy obsession with her dog, the great outdoors, green tea, real food, and anything (everything) yoga. She is the mind behind Wild Beautiful Life, a collection of writing focused on yoga, healthy living,…