5 Cara Terapi Sakit Tulang Punggung dengan Yoga Bolster

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Sakit tulang punggung memang kondisi yang tidak menyenangkan, tetapi mengatasinya ternyata cukup mudah! Perkakas sederhana seperti yoga bolster dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menghilangkan keluhan sakit pada tulang punggung. Jika anda berbaring dengan posisi tertentu di atasnya, anda dapat meregangkan bagian-bagian tubuh seperti dada, perut, pinggang dan punggung. Aliran darah juga bisa jadi lebih lancar dan stres pun hilang.

 

Berikut ini 5 posisi yoga sederhana yang dapat dicoba untuk menghilangkan keluhan pada tulang punggung. Masing-masing bisa dilakukan selama 5 menit sampai 20 menit sesuai kebutuhan.

 

yoga-bolster-mandukaPosisi ini paling enak dilakukan setelah duduk berjam-jam di depan komputer. Letakkan yoga bolster di atas matras, lalu berbaring telentang dengan punggung menempel pada bolster. Letakkan lengan di samping tubuh dalam posisi terentang, lalu biarkan tubuh rileks dan bernapaslah dengan teratur. Jika ingin lebih nyaman, taruh bantal tipis di bawah leher.

 

Berlututlah dan letakkan bolster di antara kaki. Baringkan tubuh sampai bagian depan tubuh menempel pada bolster, dan atur tubuh agar posisi nyaman. Tutup mata dan bernafaslah dengan teratur. Pose ini membuat punggung bawah terasa lebih nyaman.

 

Pose ini juga melibatkan posisi berbaring seperti di pose pertama, tetapi yoga bolster diletakkan di bawah kepala, leher dan tulang belakang. Pose ini bagus untuk peregangan, relaksasi serta melancarkan pencernaan.

 

  • Pose mengangkat kaki di tembok

Pose ini dilakukan dengan cara berbaring telentang di depan tembok sementara kedua kaki dinaikkan sehingga tersandar pada tembok. Yoga bolster ditaruh di bawah pantat sehingga tubuh bagian bawah lebih terangkat. Pose ini sangat direkomendasikan untuk sakit tulang punggung yang berkelanjutan. Punggung bagian bawah dan kaki akan terasa lebih rileks, dan aliran darah ke jantung serta paru-paru terasa lancar.

 

Berbaringlah dengan posisi rileks, kaki agak terentang, lengan menjauh sedikit dari tubuh dan telapak tangan menghadap ke atas.  Yoga bolster diletakkan di bawah lutut. Berbaringlah diam dengan mulut sedikit terbuka dan napas teratur, tubuh dibuat serileks mungkin. Selain memberikan relaksasi, pose ini membuat punggung bawah yang terasa kaku menjadi lebih rileks.

Jika anda sering mengalami sakit tulang punggung, cobalah pose-pose ini setiap hari dan rasakan perubahannya.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_separator border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/2″]

[/vc_column][vc_column width=”1/2″]
[/vc_column][/vc_row]