4 Manfaat Yoga Menjadi Alasan Anda Untuk Giat Berlatih

Sebenarnya manfaat yoga itu luas sekali, seperti halnya manfaat yoga bagi wanita atau lebih spesifik ke ibu hamil. Yoga cocok untuk Anda yang menginginkan jenis olahraga yang bermanfaat bagi seluruh tubuh. Yoga juga pas dilakukan siapa saja, entah itu pria-wanita, tua maupun muda.

Selain itu, olahraga ini juga bisa dilakukan hampir di mana saja, baik itu rumah hingga ruang kantor sekalipun (hanya pastikan untuk mengunci pintu sebelumnya). Anda yang terbentur jadwal padatpun dapat tetap mempraktekkannya sewaktu-waktu.

Namun bila beberapa keunggulan tadi masih dirasa kurang, maka mari perhatikan lebih detil soal 4 manfaat yoga berikut. Dijamin Anda jadi lebih giat setelah mengetahuinya.

1. Mengontrol berat badan

4 Manfaat Yoga Menjadi Alasan Anda Untuk Giat Berlatih 1
Yoga untuk mengontrol berat badan

Manfaat yoga yang pertama kita bahas ini memang selalu jadi idaman kaum wanita. Seperti kita ketahui bersama, yoga mampu membantu program penurunan berat badan bagi mereka yang overweight. Alasannya karena yoga dapat memperbaiki berbagai sistem dasar tubuh seperti pencernaan, sirkulasi, serta meredakan berbagai gangguan seperti kembung, bengkak, asam lambung naik, dan sebagainya.

Mengontrol berat badan adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan efektif, dan Yoga adalah salah satu jawabannya. Dengan yoga, Anda akan lebih konsisten dalam hal apa saja.

Di sisi lain, olahraga yang melibatkan latihan pernafasan sekaligus stretching tersebut juga ampuh menambah bobot tubuh. Hanya saja dalam prakteknya, pastikan untuk memilih mana asana yang tepat untuk penderita underweight.

2. Meningkatkan fleksibilitas

manfaat yoga
Yoga memberikan fleksibilitas pada tubuh

Percaya atau tidak – bagi pemula, gerakan yoga yang tampaknya paling sederhana sekalipun bisa jadi tantangan ketika dipraktekkan. Oleh sebab itu, olahraga ini menuntut ketekunan karena butuh proses agar pelakunya dapat mempraktekkan pose yoga dengan sempurna.

Namun meski sulit, janganlah menyerah karena yoga sangat berguna dalam meningkatkan fleksibilitas maupun kekuatan otot.

3. Meningkatkan memori dan konsentrasi

4 Manfaat Yoga Menjadi Alasan Anda Untuk Giat Berlatih 2
Yoga meningkatkan daya pikiran dan memori

Selain menajamkan daya ingat, manfaat yoga lainnya adalah menenangkan pikiran yang sedang kalut. Lebih dari itu, yoga juga ampuh meningkatkan konsentrasi, menjaga kesehatan mental, serta menjauhkan stres maupun depresi. Oleh sebab itu, olahraga ini sangat cocok untuk mereka yang hidup di perkotaan, karena di sana tingkat stres umumnya lebih besar.

4. Lebih mudah daripada nge-gym

4 Manfaat Yoga Menjadi Alasan Anda Untuk Giat Berlatih 3

Ya dibandingkan nge-gym, yoga lebih mudah dilakukan. Dalam prakteknya, tidak diperlukan peralatan khusus seperti yang ada di gym. Jika punya alas yoga (Tortue Sticky atau Tortue Balance yoga mat) yang memadai di rumah, maka itu sudah cukup.

Di samping itu, gerakan stretching atau latihan pernafasan yang merupakan bagian dari yoga juga tidak sulit diterapkan. Terakhir, karena bisa dipraktekkan sendiri, maka olahraga ini jelas lebih murah dan juga bisa lebih rutin dilakukan.

Jadi itulah tadi 4 manfaat yoga yang semoga dapat memacu Anda untuk lebih giat lagi dalam berlatih.