4 Gerakan Yoga Sederhana

Apakah anda seorang yogi atau tidak, ada beberapa gerakan yoga sederhana yang baik untuk kesehatan tubuh.  Meski berlatih senam yoga akhir-akhir ini sedang naik daun, tetapi ada beberapa orang yang mempercayai bahwa yoga bukan untuk mereka dengan alasan tidak mempunyai fleksibilitas yang baik.

 

Ada 4 posisi yoga yang sangat sederhana tetapi mempunyai keuntungan banyak bagi kesehatan seseorang. Marilah kita bahas satu persatu…

 

 

legs on the wall

Legs Up the Wall

Legs Up The Wall

Berbaringlah dengan punggung di lantai dan istirahatkan kedua kaki di tembok. Keuntungan dari posisi ini ada 3. Pertama, anda akan merasa rileks. Kedua, perasaan penat akan hilang dari pergelangan kaki kebawah. Dan ketiga, anda merasakan otot hamstring (paha bawah) akan rileks.

 

Lakukan perfanasan dengan dalam pada posisi ini selama anda nyaman.

 

Dengan sering melakukan posisi ini, aliran darah akan lancar ke jantung, saluran pencernaan, paru-paru, dan ke otak, sehingga immune system akan membaik.

 

Anda juga memberikan jantung untuk beristirahat memompa darah ke arah kaki dan kembali keatas. Tanpa anda sadari, rasa stress akan menghilang juga.

 

 

forward fold

foward fold

Forward Fold

Keuntungan dari forward fold hampir sama dengan legs up the wall. Anda akan merasakan stress berkurang, aliran darah yang lebih baik, otot hamstring lebih rileks dan immune system yang membaik.

 

Tetapi yang lebih penting, forward folds akan memberikan pijatan pada persendian disekitar panggul.

 

Forward fold dapat dilakukan dengan 3 cara:

 

– Berdiri

Berdiri dengan kedua kaki selebar bahu, membungkuklah kebawah. Buatlah otot dibelakang leher serileks mungkin.

 

– Duduk di Lantai

Letakan kedua kaki dimuka dan kemudian perlahan condongkan badan kemuka. Usahakan untuk dapat mencium lutut dengan mempertahankan kaki tetap lurus. Tentunya hal ini akan membuat otot hamstring tertarik pada awalnya.

 

– Berbaring pada punggung

Anda harus memakai strap dengan melingkarkannya di telapak kaki dan kemudian tarik ke atas.

 

 

senam yoga

Balancing

Balancing

Setiap orang yang dapat berdiri dengan baik dengan kedua kaki harus mencoba berdiri diatas satu kaki untuk beberapa lama.

 

Jatuh adalah salah satu sebab kematian yang sering di dunia ini. Ketika umur bertambah, keseimbangan kita makin berkurang. Maka itu, berlatihlah “tree pose” dimanapun anda berada.

 

Taruh satu kaki di atas pergelangan kaki yang lain dan coba pertahankan posisi ini untuk beberapa lama. Kemudian ganti posisi kaki anda.

 

Apabila balancing membuat anda sulit berdiri tegak, maka anda dapat berpengangan pada tembok atau meja dengan bantuan satu jari. Apabila anda sudah merasa lebih seimbang, pegangan pada tembok/meja dapat dilepaskan.

 

 

senam yoga

twisting

Twisting

Anda dapat melakukan twisting sewaktu berdiri, duduk atau tiduran.   Cobalah untuk melakukan posisi secara bergantian. Lakukan twist secara pelan-pelan dari pinggang.

 

Apabila dilakukan dengan posisi tidur, pastikan kedua pundak berada di lantai. Tekuk lutut anda dan biarkan untuk jatuh di sisi kanan dan kemudian ke kiri.

 

Keuntungan dari twisting adalah memberikan pijatan di saluran pencernaan dan dapat memperbaiki masalah usus.