4 Cara Membuat Posisi Yoga Savasana Menarik

Pada akhir kelas yoga,  kami sering bergurau bahwa Savasana adalah posisi yoga yang paling sulit. Tidak butuh waktu lama untuk menyadari kebenaran lelucon ini. Banyak pemula berjuang dengan posisi yoga Savasana untuk tidak tertidur atau me-ngontrol pikiran supaya tidak kemana mana.

 

posisi yoga savasana

Savasana Yoga Pose

Savasana  merupakan posisi yoga yang kelihatan mudah untuk dilakukan, tapi sulit untuk dipraktekan dengan benar. Savasana biasanya dilakukan dalam waktu 15 menit  dan latihan ini membutuhkan fokus yang tepat. Untuk mendapatkan posisi  Savasana yang tepat dan menarik, Anda bisa memilih berbagai cara. Anda harus bisa melepaskan pikiran dan emosi baik positif atau negatif saat melakukan latihan ini. Karena itu memang dibutuhkan cara yang tepat.

 

Berikut adalah 4 cara membuat posisi yoga Savasana lebih menarik:

 

Mempelajari dan praktek Yoga Nidra

Untuk membuat  latihan yoga savasana lebih menarik maka Anda bisa belajar yoga nidra. Yoga ini adalah teknik yang memandu  Anda melalui berbagai bagian tubuh dan bekerja dengan meningkatkan kesadaran akan sensasi dalam jaringan otot, ikat dan saraf dengan bernapas ke dalamnya untuk mengirim sinyal relaksasi. Jika  yoga nidra dilakukan dengan benar,  Anda dapat merasakan aliran energi  yang naik dan turun melalui chakra.

 

Menggunakan musik atau tanpa musik

Pada dasarnya yoga dilakukan tanpa musik namun  meditasi yang jauh lebih sulit dilakukan. Namun saat ini pengajar yoga  mulai melihat penambahan musik dengan  aliran dan irama untuk kelas yoga. Anda bisa bereksperimen dan menemukan trek yang membawa Anda ke dimensi lain. Jika Anda tinggal di kota yang tenang atau jauh di dalam hutan, lokasi tersebut memungkinkan untuk saat-saat hening sehingga Anda bisa melakukan latihan yoga savasana dengan mudah dan menarik.

 

Visualisasi

Imajinasi  adalah hal yang sangat penting bagi  Anda dan   imajinasi  bisa digunakan untuk visualisasi agar diri menjadi lebih damai, tenang dan rileks. Ada tiga jenis visualiasai yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah:

 

  • The Big Blue Sky

Visualisasi ini membawa kesadaran Anda untuk warna biru, seolah-olah Anda berbaring di bumi menatap langit. Rasakan kehangatan matahari pada tubuh Anda dan mulai menghirup udara segar . Setiap pikiran yang melewati pikiran Anda, memberikan bentuk besar, awan berbulu. Jika pikiran lebih negatif, membuat awan lebih badai dan abu-abu.

 

  • The Ocean

Melakukan visualisasi ini adalah dengan membayangkan Anda sedang duduk di pantai terpencil di depan menerjang ombak. Bayangkan bahwa setiap gelombang adalah pikiran atau perasaan. Biarkan gelombang perlahan-lahan naik dan turun  dan larut dalam pasir.

 

  • The Theater dan Roh Cahaya

Bayangkan bahwa pikiran adalah panggung, dan kesadaran Anda audisi pikiran untuk melihat seberapa baik mereka lakukan.  Ada yang lucu, dramatis, dan puitis kemudian sesekali  Anda membacanya.

 

  • Aroma terapi

Agar posisi latihan yoga Anda semakin nyaman maka  gunakan aromaterapi. Aromaterapi  merupakan cara yang efektif untuk menenangkan pikiran dan tubuh  Anda agar lebih santai. Beberapa minyak esensial favorit untuk Savasana adalah lavender,  mawar, melati, melissa dan geranium.

 

Author: David Flores