3 Kesalahan Fatal Menjadi Yogi

Banyak orang percaya bahwa dengan mengikuti prinsip – prinsip hidup Yoga, maka kesehatan tubuh akan terjaga dan emosi akan menjadi lebih seimbang. Berdasarkan atas keyakinan tersebut, maka kemudian banyak orang berlatih Yoga, bukan hanya secara fisik namun juga mencoba mengaplikasikan gaya hidup yang diajarkan, salah satunya adalah dengan menjadi seorang vegetarian dan vegan.

 

Mereka juga tidak lupa untuk bermeditasi dua kali sehari berdasarkan atas anjuran para praktisi. Sayangnya, banyak dari mereka yang melakukan hal – hal tersebut tidak terlebih dulu memperhatikan atau mencari tahu apa sebenarnya manfaat berlatih Yoga dan mempraktekkan gaya hidup tersebut. Hasilnya adalah, banyak dari mereka yang kemudian jatuh sakit dan bahkan kehilangan energi untuk beraktivitas.

 

yogi meditatingTahukah Anda mengapa bisa demikian? Memang harus diakui bahwa berlatih Yoga memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh maupun jiwa. Namun segala anjuran maupun ajaran yang diajarkan oleh para praktisi harus dilakukan dengan benar. Berikut adalah tiga kesalahan umum yang banyak dilakukan oleh masyarakat yang berlatih Yoga, yaitu:

 

 

1. Lebih mengikuti apa dilakukan instruktur Yoga daripada mendengarkan tubuh sendiri

Mereka yang menjadi praktisi Yoga pada umumnya memiliki tubuh yang sehat dan tingkat emosional yang sangat seimbang. Sejatinya para praktisi Yoga bukan hanya mempraktekkan latihan Yoga saja seperti Asana, Pranayama maupun meditasi. Namun lebih daripada itu, kebanyakan instruktur Yoga juga melakukan bentuk olahraga yang lain seperti angkat beban, jogging, berenang dan lain sebagainya di samping melakukan latihan Yoga itu sendiri.

 

 

 

2. Ikut – ikutan Menjadi Vegetarian.

Banyak yang ikut latihan yoga berpikir bahwa menjadi vegetarian adalah satu hal yang mutlak dilakukan ketika berlatih Yoga. Harus diketahui dan pahami, bahwa kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda –beda. Bagi sebagian orang, mungkin menjadi vegetarian atupun vegan tidak akan terlalu banyak berpengaruh karena memang mungkin mereka tidak memiliki terlalu banyak aktivitas fisik. Namun, berbeda apabila yang melakukan hal tersebut adalah orang yang sehari – hari selalu penuh dengan aktivitas fisik, maka energi yang dibutuhkan untuk aktivitas tersebut tidak akan bisa terpenuhi dengan cara mempraktekkan gaya hidup vegetarian dan vegan. Jadi, untuk mendapatkan tubuh yang sehat tidak harus selalu mengaplikasikangaya hidup vegetarian. Penting untuk selalu membandingkan berapa kebutuhan kalori Anda setiap hari untuk kemudian mencari tahu apakah menjadi vegetarian dan vegan memang sesuai. Jika memang tidak, ada baiknya tetap menjalankan pola diet yang selama ini digunakan tentunya dengan sedikit penyesuaian atau penyempurnaan.

 

3.Memaksakan diri untuk bermeditasi.

Cara setiap orang untuk bermeditasi bisa saja berbeda. Bagi sebagian orang, mungkin cara meditasi yang diajarkan oleh instruktur yoga bisa bekerja, namun mungkin tidak untuk sebagian yang lain. Saat bermeditasi, penting untuk tidak memaksakan diri. Pilihlah metode meditasi yang paling sesuai untuk Anda sehingga nantinya Anda akan bisa mendapatkan hasil yang benar – benar memuaskan.

 

 

Tags: