Pengaruh Gerakan Yoga bagi Ibu Hamil

Banyak pendapat yang menjelaskan berbagai manfaat latihan yoga bagi para ibu hamil mulai mengurangi permasalahan sakit di bagian punggung, melatih pernafasan, serta untuk mengurangi resiko adanya kemungkinan kelahiran premature. Meskipun demikian, banyak wanita yang sedang hamil dan ingin melakukan yoga merasa bingung dan khawatir tentang beberapa pose dalam yoga.

 

ibu hamilBentuk ataupun pose yoga seperti apa yang aman bagi ibu sedang mengandung? Melakukan gerakan yoga yang terlalu ekstrem tentu tidak disarankan apabila dilakukan tanpa adanya pengawasan dari seorang ahli yoga, karena hal ini bisa menimbulkan masalah ataupun gangguan bagi ibu serta janin yang sedang dikandungnya. Sebuah penelitian yang belum lama diluncurkan ke publik menyatakan bahwa gerakan yoga sangat baik bagi ibu hamil serta janin yang dikandungnya.Hal ini memberikan kabar baik bagi para wanita hamil karena bisa melakukan gerakan yoga tanpa takut efek samping.

 

Untuk memberikan keyakinan bagi para ibu hamil yang ingin melakukan yoga, ada penelitian ilmiah yang dilakukan untuk mengetahui gerakan dan pose yoga yang seperti apa yang dirasa aman bagi ibu yang sedang mengandung. Tim peneliti ini mengajak sekelompok wanita hamil yang sehat dan dalam usia kehamilan di trimester ketiga di mana perut wanita tersebut sudah cukup besar dan janin di dalam kandungan pun sudah berkembang bagus. Dari beberapa partisipan dalam penelitian adalah wanita hamil yang memang sudah melakukan latihan yoga secara rutin dan sebagian lainnya merupakan pemula di bidang yoga. Dalam penelitian dipertunjukkan sekitar 26 pose yoga. Beberapa pose yoga memang tidak dianjurkan bahkan dilarang untuk dilakukan bagi wanita yang hamil seperti headstands ataupun beberapa gerakan yang menggunakan tumpuan pada perut, hal ini untuk mencegah terjadinya berbagai hal yang tidak diinginkan. Dalam proses latihan yoga tersebut, peneliti melakukan monitor dan pantauan terhadap tanda-tanda vital seperti tekanan darah bagi sang ibu serta detak jantung rata-rata dari janin.

 

Hasil dari penelitian menunjukkan berbagai pose yoga yang dilakukan ternyata aman untuk dilakukan bagi para wanita yang hamil dan tidak ada indikasi yang menunjukkan menghilangnya gerakan janin, munculnya kontraksi, berkurangnya tanda kesehatan ibu.  Untuk langkah yang lebih lanjut, peneliti juga menunjukkan tidak ada partisipan yang melaporkan munculnya pendarahan. Dan yang terpenting,  proses latihan yoga yang dilakukan partisipan tidak terjadi suatu kecelakaan seperti jatuh ataupun yang terluka.

 

Melakukan yoga bagi ibu hamil adalah suatu hal yang memiliki manfaat besar. Namun, untuk melakukan yoga bagi wanita yang sedang hamil sebaiknya didampingi pelatih yang  benar-benar memahami cara dan teknik yoga yang aman bagi ibu yang mengandung termasuk memperhatikan usia kehamilan yang sedang dijalani sang ibu.