Mengapa Savasana Menjadi Penting Dalam Yoga?

Seorang instruktur yoga adalah individu yang melatih beberapa orang untuk mengembangkan teknik olah tubuh tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan serta tubuh. Kebetulan Anda adalah seorang murid dan di kelas sering terdengar suara seorang instruktur yang mengatakan bahwa pose relaksasi final (savasana) adalah pose paling menguntungkan di dalam sesi latihan. Pose tersebut biasanya meminta seseorang untuk berbaring tanpa bergerak.

 

Mengapa Savasana Menjadi Penting Dalam Yoga? 1Kendati demikian, banyak orang yang tidak bisa sabar mengikuti proses savasana, oleh karena mereka perlu berdiam diri dalam waktu cukup lama. Mereka yang tidak sabar sering meninggalkan pose tersebut, padahal eksistensi savasana hadir bukan tanpa tujuan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pose final tersebut.

 

Di dalam sesi latihan yoga, ada beberapa alasan yang mampu menjawab kenapa savasana menjadi penting untuk dilakukan:

  • Savasana merupakan elemen paling penting dibandingkan pose lainnya yang berbasis pada gerakan fisik (asanas). Pada umumnya asana didesain untuk membantu tubuh mempersiapkan meditasi dan keheningan pikiran (dan juga tubuh itu sendiri). Karenanya savasana menjadi penting sebagai pose relaksasi final yang disegerakan di akhir kelas. Ini merupakan cara meditasi untuk mengumpulkan energi dan belajar mengenai bagaimana membiarkan tubuh dan pikiran dalam kondisi rileks. Jadi, pose final tersebut penting untuk menenangkan pikiran.
  • Tidak mudah berada dalam kondisi diam selama beberapa waktu. Ini berarti seseorang dituntut untuk menenangkan pikiran (bukan cuma tubuh). Banyak orang berpikir satu hal: tidak banyak manfaat yang bisa diberikan dengan berdiam diri. Meski demikian, pikiran yang rileks dan tenang berarti ada banyak keuntungan menunggu di masa depan.
  • Salah satu keuntungan dari melakukan posisi savasana adalah: kemampuan untuk tidur dengan cara yang lebih baik; lebih nyenyak. Pikiran orang yang sulit tidur biasanya penuh dengan kerumitan, alias ia tidak bisa membuat rileks pikiran. Di titik ini, posisi savasana bakal membantu banyak terutama dalam hal membuat rileks pikiran.
Baca:   Trend Hot Yoga - Manfaat dan Dampaknya

 

Dengan tiga alasan di atas, kita sudah tahu pentingnya melakukan posisi savasana di akhir sesi latihan. Dalam kelas yoga, mempelajari sesuatu serta melakukan observasi adalah dua hal penting di dalam setiap sesi latihan. Setiap orang harus mempelajari apapun tantangan yang muncul dalam setiap sesi, dan bagaimana mereka bisa belajar dari tantangan tersebut.

 

Di titik ini, posisi savasana menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi orang-orang yang tidak terbiasa berada dalam posisi tersebut. Lebih jauh lagi, mempelajari savasana menjadi penting sebab tubuh akan belajar untuk mengendurkan sejumlah otot serta pikiran akan belajar untuk mengendurkan syaraf. Seorang pekerja keras harus mengambil kesempatan untuk mengendurkan ototnya dan kemudian mengambil waktu santai guna menenangkan pikiran.