Cara Mengatasi Insomnia dengan Yoga

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya susah tidur, walau mungkin hanya sesekali saja. Meski ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya, namun kebanyakan mengaku susah tidur karena pikiran yang terus mengembara kemana-mana. Kalau sudah begini, maka berbagai cara mengatasi insomnia pun dilakukan, mulai dari minum coklat hangat, berendam air panas, hingga menonton acara TV yang membosankan.

Namun jika berbagai cara mengatasi insomnia yang disebutkan tadi tidak berhasil juga, maka Anda perlu mencoba rangkaian gerakan yoga berikut untuk membantu supaya cepat terlelap. Untungnya, Anda tidak perlu menyediakan matras khusus karena Anda bisa melakukannya di kamar tidur.

 

1. Forward fold

forward fold - cara mengatasi insomnia

Mari kita mulai dengan forward fold. Anda tinggal berdiri dengan kedua kaki terbuka selebar pinggul. Lalu bungkukkan badan ke bawah, biarkan kepala menggantung. Jalin kedua tangan di atas kepala, lalu rilekskan punggung atas. Tahan posisi selama 5 kali hitungan nafas sambil rasakan peregangan otot pada bagian hamstring.

 

2. Side lunge

side lunge - cara mengatasi insomnia

Setelah kembali ke posisi berdiri, sekarang buka kaki selebar 1 meter lebih. Sambil mengembuskan nafas, tekuk lutut kanan sehingga tubuh masuk posisi lunge. Pada saat ini, Anda akan merasakan adanya tarikan pada paha kiri dalam. Sesudah itu, bawa pinggul turun serendah yang Anda bisa sambil mengarahkan jari kaki kiri ke langit-langit, jaga tubuh tetap tegak. Tarik nafas sambil membawa tubuh kembali ke atas, ke posisi semula. Lalu ulangi untuk sisi satunya.

 

3. Low crescent lunge

crescent lunge - cara mengatasi insomnia

Sekarang posisikan tubuh dalam pose low lunge, dan turunkan pinggul lebih lagi sehingga semakin mendekati lantai. Untuk menjaga tubuh agar tetap seimbang, Anda bisa menyanggahnya dengan jari-jari tangan. Rasakan peregangan yang timbul, tahan 5 kali hitungan nafas sebelum mengulanginya untuk sisi satunya.

 

4. Downward-facing dog

downward facing dog - yoga untuk mengatasi insomnia

Untuk melakukan gerakan cara mengatasi insomnia satu ini, Anda bisa melakukannya dengan berbagai pose awal. Pertama, awali dengan posisi berdiri lalu bungkukkan badan, dan gunakan tangan untuk berjalan sehingga tubuh menjauhi kaki. Setelah itu tubuh akan berada dalam posisi plank. Atau untuk mempersingkat waktu, Anda bisa langsung memulainya dengan posisi plank. Jika badan sudah stabil, maka tarik tubuh ke atas. Rasakan peregangan pada hamstring, bahu, ketiak, serta jaga perut agar tetap masuk ke dalam.

 

5. Half pigeon

half pigeon - cara mengatasi insomnia

Dari posisi downward-facing dog tadi, bawa kaki kanan ke depan. Lalu sambil menekuk lutut kanan ke samping, tempatkan bagian luar paha dan kaki kanan sejajar lantai. Tetap sanggah tubuh dengan jari-jari tangan dan lutut kiri, setelah itu sesuaikan posisi tubuh sampai seimbang. Usai 1 kali hitungan nafas, bungkukkan badan ke depan sambil meregangkan tulang belakang. Tahan posisi selama 5 kali hitungan nafas, sesudah itu, ulangi untuk sisi satunya.

 

Yvette Jain

yvette jainYvette teaches a balanced and uplifting vinyasa yoga flow, based on the Baptiste Power Vinyasa Yoga method. She believes that yoga is a path of self-discovery and motivates her students to work to their potential and play to the best of their abilities.