7 Alasan Yoga Membantu Anda Melewati Menopause

Yoga menjadi salah satu cara mengurangi dan bahkan menghilangkan gangguan yang terjadi saat menopause dan proses penuaan baik gangguan emosional maupun gangguan fisik dengan cara membantu pengontrolan hormon.

Pose yoga yang baik untuk membantu kestabilan hormon ada Easy Pose (Sukhasana). Pose ini dilakukan dengan duduk bersila diatas tikar atau mat. Kemudian mata ditutup dan ambil tiga nafas mendalam. Istirahatkan pikiran dan pusatkan perhatian pada nafas. Cobalah untuk rileks dan pose akan bekerja dengan menakjubkan.

yoga dan menopause

Jika masih kurang yakin,  ada 7 alasan yang akan meyakinkan Anda.

  1. Yoga menurunkan stress

Pengontrolan nafas akan menurunkan rasa gelisah. Perasaan dan pikiran negatif akan hilang. Amarah juga bisa dikontrol. Melakukan yoga secara teratur akan meningkatkan ketenangan. Hidup lebih bahagia dan bebas dari stress.

  1. Meredakan rasa sakit dan rasa tidak nyaman

Toleransi yang lebih tinggi atas rasa sakit bisa didapatkan dengan latihan yoga secara teratur termasuk sakit pinggang, sakit leher, dan sakit secara keseluruhan yang biasa terjadi selama menopause.

Pose yang sangat membantu menghilangkan rasa sakit adalah Sun Salutations (Surya Namaskar) yang meningkatkan fleksibilitas sendi dan menggerakkan semua otot tubuh. Manfaat optimal akan dirasakan dengan 5-10 latihan setiap harinya.

  1. Hot flashes berkurang

Hot flashes selama menopause terjadi karena pitta (Ayurvedic dosha untuk “api”) dalam tubuh yang harus dilepaskan. Pose Seated half-bound lotus (Ardha Baddha Padma Paschimottanasana), Half lord of the fishes (Ardha Matsyendrasana) dan Reclined lotus (Supta Padmasana) adalah beberapa asana yang bisa membantu. Lakukan gerakan dengan pelan dan menahan berat sambil memperhatikan ritme nafas dengan lidah diposisikan ke langit-langit mulut agar pikiran tenang dan stabil.

  1. Tekanan darah menurun

Jika mengalami berkeringat di malam hari, hilangkan gejala dengan latihan yoga secara teratur untuk mengurangi tekanan darah dan memperbaiki oksigenasi dan sirkulasi darah dalam tubuh.

Pose Savasana bisa membuat rileks dan membuat Anda hanya memperhatikan nafas sehingga stress dan ketegangan bisa hilang.

  1. Sebagai penyembuh natural

Yoga adalah cara yang alami dan menakjubkan dalam membantu meredakan sakit dalam menopause. Yoga bisa meredakan gejala tanpa penderitaan dengan membawa Anda ke tempat yang lebih tenang secara emosional dan fisik.

  1. Lebih baik jika digunakan dengan aromatherapi

Yoga dan aromatherapi memiliki manfaat dalam hal fisik, mental, maupun spiritual pada penggunanya.

Menghilangkan emosi negatif, merasakan pembersihan dan detoksifikasi, menenangkan otot yang tegang, membantu menyeimbangkan hormon, bahkan memperbaiki chakra adalah beberapa manfaat kesehatan dari aromatherapi. Aromanya sanggup membuat indra terpesona. Selain itu, fokus dan efek dari latihan akan meningkat karena manfaat therapeutic dari campuran minyak esensial yang ada.

  1. Baik untuk sendi

Arthritis menjadi perhatian khusus dalam proses penuaan walaupun tidak semua perempuan menopause mengalaminya. Yoga telah terbukti mampu membantu mengurangi penderitaan pada arthritis dan juga masalah sendi lainnya.

Sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine; sakit persendian, kelelahan, dan gejala yang terkait bisa hilang dengan hatha yoga.

cheryl MacDonald

by: Cheryl MacDonald

Cheryl MacDonald is the founder of YogaBellies, which specializes in perinatal yoga and natural birth preparation. She created the Birth ROCKS natural birth preparation method and has trained over 70 YogaBellies teachers across the world. She’s worked with birthing women for almost ten years, and is mother of one lovely three-year-old boy. Cheryl lives with her husband in the west end of Glasgow.