4 Posisi Yoga untuk Melatih Otot Psoas

Yoga adalah contoh ideal hubungan antara pikiran dengan tubuh. Latihan Yoga secara teratur akan membantu melepaskan ketegangan otot serta mengurangi kecemasan dan stress. Psoas, yang merupakan otot yang selalu bekerja keras yang menghubungkan tulang belakang dengan tulang paha atas bisa dilatih dengan yoga agar tubuh menjadi lebih rileks dan stress berkurang. Psoas sendiri letaknya jauh berada di dalam tubuh dan berfungsi untuk mendekatkan paha dengan tubuh, terutama saat duduk dan berjalan.

 

Melepaskan ketegangan pada otot psoas akan memberikan efek positif kepada tingkat emosi. Ada beberapa posisi yoga yang bisa dilakukan untuk mengendurkan otot tersebut. Mungkin selama ini, Anda tidak sadar sedang mengalami stress atau ketegangan otot karena memang Psoas ini terletak begitu dalam. Namun, dengan berlatih posisi yoga di bawah ini, Anda akan bisa merasakan perbedaan yang signifikan. Hanya dalam waktu 10 menit, Anda akan merasakan relaksasi, baik di dalam tubuh maupun pikiran.

 

Berikut adalah bentuk latihannya:

 

Pernafasan diafragma atau Diaphragmatic Breathing

yoga untuk otot psoas

Diafragma berada di titik yang sama dengan psoas di tulang belakang. Dengan bernafas melalui diafragma, maka otot psoas akan secara otomatis menjadi rileks. Untuk melakukannya, Anda cukup dengan duduk di atas selimut yang sudah dilipat. Jika merasa kurang nyaman, bisa juga dilakukan dengan cara berbaring telentang atau duduk di kursi. Bernafaslah secara perlahan sedalam – dalamnya melalui hidung. Biarkan otot perut rileks. Bernafaslah selama 1 hingga 2 menit.

 

 

Posisi Pada Rajakapotasana atau Variation on supported pigeon pose

yoga untuk otot psoas

Letakkan tangan serta lutut di permukaan lantai. Geser lutut kanan beberapa inci di belakang pergelangan tangan kanan. Tarik tumit kanan sedikit menjauhi paha kanan. Rentangkan kaki kiri ke belakang. Jaga tubuh bagian atas tetap terangkat tinggi menggunakan kedua tangan yang diluruskan. Rasakan adanya peregangan pada otot kaki di dekat pinggul. Tahan posisi ini sebanyak 10 tarikan nafas lalu ganti dengan sisi yang lain.

 

 

Anjaneyasana atau Low Lunge

yoga untuk otot psoas

Letakkan kaki kanandi lantai dengan bagian lutut di atas pergelangan kaki. Jaga kedua tangan Anda tetap di lantai. Rentangkan kaki kiri ke belakang serta posisikan lutut di lantai. Agar lebih nyaman, gunakan alas. Tekan bagian lutut dengan kedua telapak tangan. Tarik paha bagian dalam saat menarik menarik nafas. Angkat tubuh bagian atas hingga rusuk terasa terangkat. Rasakan adanya peregangan di bagian pinggul dan tahan.

 

 

Setu Bandha Sarvangasana atau Supported Bridge Pose

yoga untuk otot psoas

Untuk latihan posisi ini gunakan blok yoga. Tekuk lutut dan taruh telapak kaki sekitar dua jengkal dari tulang ekor. Angkat pinggul dan dan taruhblok dibawah sacrum. Berusahalah untuk tetap rileks. Berusahalah untuk mendapatkan kenyamanan yang sebaik mungkin. Cari di mana posisi blok atau prop terbaik bagi Anda.

 

 

4 Posisi Yoga untuk Melatih Otot Psoas 1

written by Jackie Kinealy

Jackie Kinealy is a yoga teacher and writer in her hometown of St. Louis. She loves helping her students feel strong, relaxed, present, and grateful so that they can step into the rest of their day with more joy and love to spread around.