Senam Yoga Untuk Seluruh Tubuh

Senam yoga rutin adalah latihan yang bagus untuk melatih seluruh bagian tubuh sekaligus. Kebanyakan orang yang berolahraga (terutama untuk menurunkan berat badan) biasanya menargetkan bagian-bagian tubuh tertentu seperti lengan, perut dan paha. Sayangnya, proses penurunan berat badan tidak terjadi pada satu bagian saja, melainkan seluruh tubuh secara berangsur-angsur. Senam yoga bisa membuat olahraga anda makin efektif dan membuat otot anda lebih kencang.

 

 

yoga

 

Sebelum memulai senam yoga, pastikan anda melakukan pemanasan untuk mengalirkan udara ke paru-paru dan darah ke otot. Beberapa pose yoga yang bisa untuk pemanasan antara lain adalah cat pose, tree pose, sun salutation dan downward dog. Jika anda tidak tahu sama sekali tentang yoga sebelum melakukan senam ini, coba melakukan lari-lari kecil atau jalan cepat selama 5 hingga 10 menit agar jantung anda siap.

Berikut adalah tahapan senam yoga yang bisa anda coba:

  • Plank position, dimana anda menahan tubuh yang terentang dengan tangan dan kaki seperti kalau orang melakukan push up (saat posisi naik). Pose ini bagus untuk melatih otot perut, lengan, paha dan pantat. Tahan pose ini selama 30-60 detik; jangan lupa mengencangkan perut saat melakukannya.
  • Three-legged downward dog, dimana anda melakukan pose downward facing dog (tubuh ditekuk membentuk segitiga dan ditopang dengan tangan serta kaki, pinggul naik), tetapi dengan satu kaki diangkat ke atas. Pose ini bermanfaat untuk mengencangkan perut dan merampingkan kaki.
  • Side plank, dimana anda pada dasarnya melakukan plank position tetapi dengan tubuh menyamping dan hanya ditopang satu tangan. Ini bisa menguatkan lengan serta sisi tubuh dan merampingkan pinggang.
  • Intense east pose, pose yang bagus untuk menguatkan bahu dan lengan, mengencangkan perut, melenturkan punggung serta melatih keseimbangan.

Setelah melakukan pose-pose senam yoga ini, lakukan gerakan penutup dengan pose-pose yoga untuk pemanasan yang sudah saya jelaskan tadi. Atau, anda bisa juga melakukan jalan kaki singkat dengan tempo lebih lambat dan peregangan sederhana untuk pendinginan.

Related Articles