4 posisi yoga untuk mengurangi stress otot pada waktu kerja

Coba kita telaah lagi beberapa aktifitas sewaktu kerja….. , “texting” – menggunakan ibu jari, “me-klik mouse” – menggunakan jari dan siku, dan ada beberapa lagi aktifitas kerja yang sederhana tetapi terus menerus dilakukan.

 

Telah dibuktikan, banyak cedera otot disebabkan oleh aktifitas yang ber-ulang ulang di tempat kerja (repetitive stress injuries). Melakukan hal yang sama secara ber-ulang; seperti hal nya me-klik mouse (misal pada kegiatan data entry) dapat menyebabkan sobeknya otot di tendon,  dan jaringan halus lainnya. Satu kali mouse click memang kelihatannya tidak masalah dan merupakan aktifitas yang sangat mudah dilakukan, tetapi apabila dilakukan terus menerus secara kontinyu dan berjam-jam dengan posisi badan yang kurang baik sudah pasti menyebabkan sakit otot dan kejang.

 

Konsekuensi jeleknya bukannya otot di jari dan siku, tetapi terjadi di otot sekitar leher dan pundak.

 

awareness1

 

Beberapa senam yoga sederhana bisa memberikan pencegahan dan efek penyembuhan terhadap cedera otot ini. Latihan asana yang teratur dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot di tubuh yang membutuhkan kerja seharian dimuka komputer.  Latihan yoga juga memberikan “awareness”  mengenai postur yang benar (proper alignment). Dengan posisi duduk yang benar (good sitting position) akan memberikan keleluasaan untuk bergerak dan mengurangi sakit pada otot dan engsel tulang.

 

awareness2

 

Latihan ini sebenarnya melatih “kepekaan” untuk mengetahui bagaimana tubuh kita bereaksi terhadap suatu posisi kerja atau “awareness at work”, sehingga anda dapat mendeteksi sinyal-sinyal awal dari kekejangan otot pada waktu kerja. Kepekaan ini bisa dilatih di tempat kerja dengan memperhatikan bagaimana cara sikap tubuh pada waktu bekerja. Anda akan bisa merasakan suatu posisi salah, misalnya membungkuk pada waktu menerima telpon. Dengan belajar mengenal dan menghindari posisi yang salah pada waktu kerja, anda dapat bekerja lebih lama dan menghindari stress otot yang dapat membahayakan apabila hal ini terulang terus pada waktu kerja.

 

awareness3

 

Ada 4 cara senam yoga sederhana yang dapat mengurangi stress otot pada waktu kerja. Yaitu:

  1. Seated Backbend
  2. Hugging Arms
  3. Gomukhasana (cow face pose, variation)
  4. Adho Mukha Svanasana (downward facing dog pose – modified stand).

 

downward facing dog pose_yoga position

 

 

Ke empat posisi ini disadur dari “Healing Yoga for Neck & Shoulder Pain”, by Carol Krucoff

Related Articles